sehat 2

Selasa, 09 Februari 2016

larangan menyambung rambut

 Menuntut ilmu itu Wajib atas setiap Muslim(ibnu Majah.shohih oleh syaikh Albani) Mengaku cinta kepada Rasulullah itu mudah sekali di ucapkan . Namun menjalankan ketaatan serta mengikuti apa yang diucapkan ,dan apa yang diperbuat Rasulullah itu butuh keikhlasan. Terkadang kita mengaku cinta kepada Allah dan cinta kepada RasulNya,akan tetapi kalah dengan akal serta hawa nafsunya. Sudah tahu itu perintah Allah atau sudah tahu itu perbuatan Nabi Muhammad sholallahu alayhi wasalam, namun perintah tersebut masih ditimbang-timbang atau ditafsirkan lagi dengan akalnya.cocok nggak , sama nggak dengan yang dilakukan kebanyakan orang.
Diantara perkara yang dilarang oleh Rasulullah dalam hal ini adalah ,larangan menyambung rambut. tentu perkara ini meliputi menyambung rambut kepala , menyambung bulu mata ,mungkin kalau ada termasuk menyambung alis mata dsb.hal ini termasuk penipuan atau pengelabuhan.

Sebuah kisah dari sahabat Hamid bin Abdurrohman bin 'Auf , diriwayatkan bahwa ia pernah mendengar Muawiyyah bin Abi Sufyan berkata diatas mimbar pada tahun ketika berhaji . ia membawa potongan rambut jambul yang dibawa oleh seorang pengawal ," dimanakah ulama kalian..? Saya pernah mendengar Rasulullah melarang perbuatan ini . Beliau bersabda ," Sesungguhnya bani isroil binasa ketika wanita-wanita mereka memakai ini ( sambungan rambut ).Shohih Bukhori:5932,Muslim:2127.

Dari ummu 'Aisyah ,diriwayatkan bahwa ada seorang gadis dari kaum anshor telah menikah . Suatu ketika gadis tersebut sakit ,hingga rambutnya rontok,dan mereka (kaum anshor)ingin menyambung rambutnya .Lantas merekapun bertanya kepada Rasulullah. Maka beliau bersabda :

لَعَنَ اللَّهُ الوَصِلَةَ وَالمُسْتَوْ صِلَةَ

 " Allah melaknat seorang wanita yang menyambung rambut dan yang minta disambung rambutnya." ( shohih Bukhori Vll/82-5936).

saudaraku-saudariku semoga dirahmati Allah
Lebih baik tampil atau berhias yang wajar-wajar saja. seorang suami jangan menyuruh isterinya untuk dandan dengan cara berlebihan ,dengan menyukur / mengerik alis dan menyambung rambutnya. seorang isteri menyambung rambut , mengerik alisnya hanya ingin mendapatkan pujian dari orang lain kemudian mendapat laknat Allah buat apaa..?
seseorang dianggap sukses itu jika dirinya atau keluarganya masuk syorganya Allah kelak di yaumil akhir.Marilah kita berbuat amalan sholih dengan mengikuti Rasulullah serta para sahabat Nabi shollahu alayhi wasalam. Allahu 'alam..

Silahkan disebarkan sehingga bermanfaat bagi saudara kita yang lain

مَنْ دَلَّ علي خَيْرٍ فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِ فَاعِلِه

" Barangsiapa menunjukkan kepada kebaikan.  Maka baginya mendapatkan pahala sebagaimana orang yang melakukan "
( Hr.Muslim : 3509 ).
----------------------------------------------------------

Silahkan buka halaman selanjutnya dengan klik dibawah
 < < <  -  > > > atau klik BerandaBeranda
ingin tambah ilmu agamanya,
klik dsini- - ->>>  top-aril.blogspot.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar,tapi dengan cara sopan dan bebas SARA.