sehat 2

Jumat, 22 Januari 2016

nasehat untuk istri


Menjaga rahasia rumah tangga tentu gampang-gampang susah . Sedangkan mengumbar borok orang lain sepertinya gampang apalagi kalau ada orang kedua atau ketiga yang menimpali kemudian dibantu oleh setan yang menyertai diantara ketiganya waah.. terasa semakin asyiik dan betah.
Kejadian seperti ini tentu diawali dari kebiasaan yang sering ia lakukan ,paling tidk ada faktor dari luar yng mendorongnya, yaitu apalagi kalau bukan kebiasaan menonton sinetron yang isinya perselisihan dan percekcokkan antar teman atau antar keluarga.Atau suka mendengar tayangan-tanyangan gosiip kalau digosok semakin siip katanya. Dan perkara ini sangat susah untuk dihindari ,susah dicegah oleh para isteri , serta susah seorang suami melarangnya dari semua kebiasaan buruk ini.Padahal ikut mendengarkan gosiip itu sama saja ikut dengan melakukan perbuatan gosiip.


Saudarku-saudariku semoga di Rahmati Allah
Ketahuilah ,perilaku gosiip , menggunjing alias ghibah bin ngomongin orang itu merupakan perbuatan tercela yang sangat dilarang dalam agama Islam.Allah katakan orang yang suka menggunjing itu disamakan dengan orang yang suka makan daging bangkai saudaranya dan sangat menjijikan. Allah ta'ala berfirman :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اجْتَنِبُوا كَثِيرًا مِنَ الظَّنِّ إِنَّ بَعْضَ الظَّنِّ إِثْمٌ ۖ

وَلَا تَجَسَّسُوا وَلَا يَغْتَبْ بَعْضُكُمْ بَعْضًا ۚ

أَيُحِبُّ أَحَدُكُمْ أَنْ يَأْكُلَ لَحْمَ أَخِيهِ مَيْتًا فَكَرِهْتُمُوهُ ۚ

وَاتَّقُوا اللَّهَ ۚ إِنَّ اللَّهَ تَوَّابٌ رَحِيمٌ

Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan berprasangka (kecurigaan), karena
sebagian dari berprasangka itu dosa. Dan janganlah mencari-cari keburukan orang lain dan janganlah menggunjingkan ( gosip ) satu sama lain. Adakah seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang
( qs.al hujurat:12

Secara garis besar ngomongin orang atau perbuatan gosip itu dilarang dalam agama Islam, apalagi yang di gosipin adalah Suaminya sendiri.Makan ,tidur bareng berdua atau bisa dibilang seorang suami masih memberi nafkah serta bertanggung jawab terhadap keluarganya ,kemudian ada seorang istri berani ngumbar omongan kepada orang lain,Astaghfirullah istri celaka dan dilaknat oleh Allah swt. Wahai para istri jadilah wanita penyabar,jadilah wanita yang pandai menjaga suami dan anaknya,jadilah wanita sholihah,jadilah wanita yang bertaqwa kepada Allah swt.
Sebagaimana Allah ta'ala berfirman
 :
فَالصَّالِحَاتُ قَانِتَاتٌ حَافِظَاتٌ لِلْغَيْبِ بِمَا حَفِظَ اللهُ...

“Sebab itu maka wanita yang sholihah, ialah yang taat kepada Allah lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada, oleh karena Allah telah memelihara (mereka).” (An-Nisa: 34).
Wahai para istri , tentu ini adalah perkara berat untuk dikerjakan.Tapi percayalah bahwa setiap perbuatan pasti disertai dengan niat dalam hati, maka niatkanlah dalam hati untuk bisa berubah,bisa untuk menjaga lisan , bisa menghindari perbuatan gosip agar tidak dilaknat oleh Allah swt. Allahu a'lam..


Silahkan disebarkan sehingga bermanfaat bagi saudara kita yang lain

مَنْ دَلَّ علي خَيْرٍ فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِ فَاعِلِه

" Barangsiapa menunjukkan kepada kebaikan.  Maka baginya mendapatkan pahala sebagaimana orang yang melakukan "
( Hr.Muslim : 3509 ).
----------------------------------------------------------
Silahkan buka halaman selanjutnya dengan klik tanda < < <  - > > >    atau klik BERANDA

ingin tambah ilmu agamanya,
klik dsini- - ->>>   top-aril.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar,tapi dengan cara sopan dan bebas SARA.