sehat 2

Minggu, 24 Januari 2016

qana'ah

apa siih Qana'ah itu yaitu : sikap merasa cukup atas rejeki atau pemberian yang diberikan Allah kepada kita serta menyandarkan kepada Allah bahwa ,hanya Allah lah yang telah mencukupi kebutuhan kita dan bukan selainNya.
Kita tahu bahwa kenikmatan yang diberikan Allah kepada kita sangat melimpah serta tidak terhingga jumlahnya hanya kita kita kurang mensyukuri dan tidak pandai mensyukuri nikmat Allah tersebut. sebagai Allah firmankan :

وَإِنْ تَعُدُّوا نِعْمَةَ اللَّهِ لَا

تُحْصُوهَا ۗ إِنَّ اللَّهَ لَغَفُورٌ رَحِيمٌ


Dan jika kamu menghitung-hitung nikmat Allah, niscaya kamu tak dapat menentukan jumlahnya. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.( qs.an Nahl : 18).

Berkata imam Qayyim Rahimahullah,Nikmat itu ada tiga macam :
1.Nikmat yang berhasil di Raih dan di rasakan oleh seorang hamba.
2. Nikmat yang sedang di tunggu kehadirannya.
3. Nikmat yang ada ,Namun tidak di rasakan seorang hamba.( lihat al Fawaid ,ibnu Qayyim hal:246).

Adapun Rakus merupakan sifat tercela atas seorang Hamba. Bahkan Nabi pernah bersabda :
" Tidaklah ada dua serigala yang sedang kelaparan dilepas pada satu ekor kambing , maka masih lebih merusak yang rakus Harta dan ambisi kedudukan ,bahkan sampai rela mengorbankan agamanya "( shohih. imam Tirmidzi - ad Darimi )
Maksudnya adalah Manusia itu lebih rakus dibandingkan jika dua serigala yang memperebutkan seekor kambing.

Saudaraku-saudariku semoga dirahmati Allah.
Agama kita Islam tidak melarang seseorang mencari harta dengan sekuat tenaganya.Orang Islam tidak boleh Miskin, orang Islam tidak boleh minta-minta atau mengemis dijadikan profesi atas dirinya atau untuk keluarganya. Orang Islam harus kaya,harus bersemangat dalam mencari harta , sehingga tidak dilecehkan oleh orang kafir. Dan jika kita mati , maka kita tidak meninggalkan istri ,anak serta keluarga dalam keadaan menderita. Tapi ingat..?!
Hidup di dunia itu ,tidak boleh bermegah-megahan sehingga lalai dari mengingat Allah.Punya harta banyak atau sedikit jangan pernah lalai untuk berinfaq.Karena Harta yang kita infaq kan itu adalah sebenar-benarnya harta.Sedang yang kita makan dan yang kita belikan pakaian semuanya akan tertinggal dan terbuang. Rasulullah sholallahu alayhi wasalam bersabda :

الهَاكُمُ التَّكَاثُرُ ..، قال : يَقُولُ ابْنُ آدَمَ :

مَالِي مَلِي قالَ وَ هَلْ لَكَ يَاابْنُ آدَمَ مِنْ

مَالِكَ إِلاَّ مَا أَكَلْتَ فَأَفْنَيتَ أَو لَبِستَ

فَأَبْلَيتَ.

" Bermegah-megahan telah melalaikan kamu . Beliau bersabda ' Anak adam berkata ' Hartaku,.hartaku '. Sebenarnya Kamu tidak memiliki Harta kecuali harta yang kamu sedekahkan kelak menjadi simpanan ,atau yang kamu makan suatu ketika menjadi kotoran, dan yang pakaian yang kamu kenakan berupa pakaian suatu ketika mengalami kerusakan ". ( shohih imam Muslim:2958-Imam Ahmad:16257-16258-16276 , At Tirmidzi:2352). Allahu a'lam

Silahkan disebarkan sehingga bermanfaat bagi saudara kita yang lain

مَنْ دَلَّ علي خَيْرٍ فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِ فَاعِلِه

" Barangsiapa menunjukkan kepada kebaikan , Maka baginya mendapatkan pahala sebagaimana orang yang mengikutinya " .( Hr.Muslim : 3509 ).
--------------------------------------------
Silahkan buka halaman selanjutnya dengan klik dibawah < < < - > > > atau ke BERANDA

silaturahim kliik---->> top-aril.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar,tapi dengan cara sopan dan bebas SARA.