sehat 2

Rabu, 13 Januari 2016

tetangga yang baik


Tetangga merupakan orang yang harus kita cintai,kita amat membutuhkan mereka dan merekanpun membutuhkan kita, Sebagai rasa cinta dan berlaku baik maka seharusnya gemar memberikab hadiah untuj tetangga kita ,baik berupa makanan yang kita masak sehingga aroma masakan kita sampai kepada tetangga kita,atau hal-hal yang menyenangkan lainnya. Meskipun tetangga itu orang miskin ,Rasulullah bersabda :

يَا أَبَا ذَارٍ إِطَبَخْتَ مَرَقَةً فَأَكْثِرْ مَا ءَهَا وَتَعَهَّدْ جِرَانَكَ

" Wahai abu Dzar ,jika kamu masak gulai perbanyaklah air ( kuah ) nya dan antarkanlah kepad tetanggamu ( Hr.Muslim, Tirmidzi , ibnu Majah ).
Oleh karena itu ,pemberian hadiah jangan remeh meskipun hal itu hanya dilakukan dengan sesuatu yang kurang berharga dari sisi nilainya ,dari ummu Aisyah bahwa Nabi bersabda :

لاَ تَحْقِرَنَّ  خَارَةٌ لِجَارَتِهَا وَلَو فَرَسَنَ شَاةٍ

" Janganlah seorang tetangga menganggap remeh ( perbuatan baik kepada) tetangga meski hanya dengan memberi hadiah tulang yang hanya sedikit sekali dagingnya ( Hr.Bukhori )

Saudaraku-saudariku semoga dirahmati Allah
Seandainya seseorang memiliki banyak tetangga sementara apa yang hendak di hadiahkan berjumlah sedikit, lantas bertanya ummu Aisyah keoada Rasulullah sholallahu alayhi wasalam,beliau bersabda :
Ummu Aisyah bertanya kepada Rasulullah " Ya Rasulullah , saya mempunyai dua tetangga ,maka kepada siapa harus memberi hadiah ..? Nabi bersabda " Kepada yang paling dekat dengan pintunya " ( Hr.Bukhori ). Allahu a'lam..,


Silahkan disebarkan sehingga bermanfaat bagi saudara kita yang lain

مَنْ دَلَّ علي خَيْرٍ فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِ فَاعِلِه

" Barangsiapa menunjukkan kepada kebaikan.  Maka baginya mendapatkan pahala sebagaimana orang yang melakukan "
( Hr.Muslim : 3509 ).
----------------------------------------------------------
Silahkan buka halaman selanjutnya dengan klik tanda < < < -  > > > atau klik BERANDA

ingin tambah ilmu agamanya,
klik dsini- - ->>> top-aril.blogspot.com




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar,tapi dengan cara sopan dan bebas SARA.